30 Hari yang Luar Biasa

15 Sep 2013

Kalau dulu saat pertama nge-blog saya pernah memposting tulisan seorang teman yang berjudul 30 Hari yang Luar Biasa, kali ini saya mencoba membuat tulisan dengan judul yang sama namun isi yang berbeda.

Kenapa 30 Hari yang luar biasa? 30 hari adalah waktu yang tepat untuk melatih syukur kepada Tuhan hingga kemudian di hari 31 dan seterusnya rasa syukur tersebut sudah mendarah daging dan menjadi habits. Seperti puasa Ramadhan, 30 hari adalah masa yang tidak terlalu panjang namun tidak terlalu pendek sebagai usaha melatih kita menjadi hambaNya yang bertakwa.

30 Hari Ngeblog

30 Hari Ngeblog

30 Hari inilah yang saya habiskan bersama kontes #30HariNonStopNgeblog. Dan saya merasakan semangat yang sama dengan semangat 30 hari bersyukur dan 30 hari puasa Ramadhan. Kontes ini menjadi ajang latihan saya untuk konsisten menulis setiap hari. Dan manfaatnya, saat ini saya benar benar terbiasa menulis setiap hari. Otak saya menjadi terbiasa berputar mencari ide. Indera yang lain terus bekerja sama agar saya lebih peka dengan keadaan sekitar sehingga menemukan ide yang dapat dikembangkan menjadi tulisan.

Di hari terakhir kontes ini, menurut saya semua juara karena telah berhasil menaklukkan tantangan 30 hari nonstop ngeblog. Buat saya sendiri, belum pernah dalam sepanjang sejarah perjalanan saya nge-blog, saya bisa menulis atau meng-update tulisan setiap hari seperti yang saya lakukan sekarang. Kalau tidak karena Blogdetik, Komunitas dBlogger, dan kontes #30HariNonStopNgeblog ini mungkin entah kapan saya bisa konsisten menulis setiap hari.

Lepas dari ini, tantangannya jauh lebih besar. Seperti puasa Ramadhan yang efeknya baru terlihat di 11 bulan berikutnya. Kontes #30HariNonStopNgeblog ini juga, konsistensi para peserta untuk menulis setiap hari akan teruji di bulan bulan berikutnya. Memang, menjaga atau mempertahankan apa yang diraih jauh lebih berat daripada meraihnya.

Oleh karena itu, ritme menulis di 30 hari yang telah dijalani dapat terus dijaga sembari senantiasa mempraktekkan tips tips dari banyak tulisan yang di-posting oleh teman teman tentang bagaimana menemukan ide menulis setiap hari, serta bagaimana mengatur waktu atau jadwal menulis.

Semoga siapapun yang dipilih sebagai pemenang nantinya dapat memotivasi kita semua untuk senantiasa memperbaiki diri, memperbaiki kualitas tulisan. Bukan tidak mungkin jika kemudian dari kontes ini muncul penulis penulis baru karena berhasil menyusun atau menerbitkan buku dari tulisan yang di-posting setiap hari.


TAGS ide menulis menerbitkan buku jadwal menulis #30HariNonStopNgeblog Kontes


-

Author

Follow Me