Yuk, Laporkan SMS Penipuan

10 Sep 2013

SMS penipuan tetap saja marak hingga akhir akhir ini. Seperti barusan disaat saya sedang mencari ide ingin menulis apa di blog agar target #30HariNonStopNgeblog tidak bolong sedikitpun, handphone saya yang dipakai sebagai modem berbunyi. Ternyata SMS yang masuk dari sebuah nomor panjang yang memberitahukan bahwa saya mendapatkan hadiah dari undian PT. Sido Muncul. Isi smsnya kurang lebih begini :

Maaf kami dr PT. SIDOMUNCUL sdh mhbgi anda tp tdk trsmbng. Jadi kami sms no Pin anda/ xy1i94b mendptkan hadiah, U/ Info klik http://kukubima-2013.webs.com

Langsung saja saya ngakak. Nipu jaman sekarang niat banget sampe bikin webnya ya :-D. Saya pun iseng melihat web yang dibuat menggunakan layanan pembuatan web gratisan tersebut. Lihat skrinsyotnya :

Screenshot Website Penipu atas nama Kukubima

Screenshot Website Penipu atas nama Kukubima

Sayangnya meski sudah terang terangan menipu, masih banyak juga yang tertipu oleh pesan pesan tersebut. Padahal gampang sekali menebak apakah sms yang kita terima tersebut asli atau menipu. Beberapa cirinya adalah sebagai berikut :

Nomor pengirim SMS, panjang.

Sudah barang tentu ini penipu atau orang iseng yang kurang kerjaan :-D. Kalau teman teman menerima sms yang memberitahukan bahwa kita memenangi sejenis undian, lihat nomor pengirimnya. Kalau pengirimnya nomor handphone, dipastikan penipu. Jangan mudah tertipu dengan is isms yang menulis Pengirim : Nama Operator (Telkomsel/Indosat/XL/dll). Cek nomor pengirim di bagian kotak masuk. SMS Resmi dari operator pasti dikirim tanpa nomor, yakni langsung menggunakan nama operatorya.

Isi sms disingkat.

Berhubung untuk mengirit biaya pengiriman pesan, biasanya isi sms yang seharusnya ditulis dengan huruf lengkap, menjadi disingkat singkat. Seperti sms yang saya terima di atas kata menghubungi disingkat menjadi mhbgi. Operator professional pasti tidak akan melakukan hal seperti ini.

Alamat web menggunakan subdomain

Jika diperhatikan web PT Sidomuncul di atas, terdapat embel embel webs.com. Ini merupakan layanan penyedia web gratisan. Tidak mungkin operator yang professional menggunakannya. Lagipula setiap operator seudah memiliki website resmi. Penyedia web gratisan lain misalnya : blogspot.com, wordpress.com, weebly.com, jimdo.com, juplo.com, dan lain - lain. Ingat, jika menemukan embel embel tersebut di alamat web yang diberikan, dipastikan itu penipu.

Adapun website resmi provider seluler di Indonesia adalah sebagai berikut :

Telkomsel: www.telkomsel.com

Indosat: www.indosat.com

XL Axiata: www.xl.co.id

3 Indonesia: www.tri.co.id

Axis: www.axisworld.co.id

Flexi: www.telkomflexi.com

Smartfren: www.smartfren.com

Esia: www.myesia.com

Telkom: www.telkom.co.id

Sebagai informasi, jika memang benar kita mendapatkan hadiah undian pasti pihak operator akan menghubungi langsung via telepon, menyertakan nama kita dalam pengumuman resmi di website resminya, atau mendatangi langsung rumah kita dengan membawa dokumen dokumen resmi.

Lalu, jika kita menerima sms sms penipuan tersebut jangan buru buru dihapus. Saya terkadang membalas sekenaya, entah memberitahu bahwa pengirimnya penipu, atau sekedar mengejeknya bahwa saya tidak butuh hadiahnya. Kadang juga saya mengabaikannya, semisal ketika pulsa saya sedang menipis :-D.

Kita juga dapat berpartisipasi mengurangi penipu penipu tersebut. Saat ini 2 operator besar di Indonesia, yakni Telkomsel dan Indosat sudah menyediakan layanan sms pengaduan sehingga kita dapat mengirimkan nomor penipu dan isi smsnya untuk ditindaklanjuti segera. Layanan ini diberikan secara cuma cuma alias gratis. Berikut caranya :

NDOSAT | ketik: SMS(spasi)Nomor Pengirim SMS(spasi)Isi SMS Penipuan | kirim ke 726

TELKOMSEL | ketik: Penipuan#Nomor Pelaku Penipuan#Isi SMS Penipuan | kirim ke 1166

Nah, jangan ragu melaporkan mereka. Semoga postingan kali ini bermanfaat

-