Orang Tua Jangan Lalai!

8 Sep 2013

Kecelakan Pelajar (Ilustrasi)

Kecelakan Pelajar (Ilustrasi)

Kecelakan lalu lintas yang melibatkan orang terkenal kembali terjadi. Kali ini menimpa salah seorang putra musisi Ahmad Dhani yang bernama Abdul Qadir Jaelani, yang dikenal dengan panggilan Dul. Dan tentu saja di Indonesia, perbincangan hangat tentang masalah ini pun terjadi dimana mana dan sasaran empuk acara gossip. Tak terkecuali di ranah media sosial. Saya pun tahu kabar tersebut pagi tadi melalui postingan seorang teman di twitter.

Mobil yang dikendarai Dul katanya menabrak pembatas jalur dan masuk ke arah berlawanan sehingga menabrak dua mobil lain (Granmax dan Avanza). Menariknya untuk dibahas, kecelakaan yang menewaskan 6 orang ini melibatkan seorang anak yang bisa dikatakan belum akil baligh. Dul sebagai sopir mobil Lancer ternyata masih berusia 13 tahun. Wow! Bagaimana mungkin seorang anak kecil dibiarkan orang tuanya mengendari mobil sendirian di tengah malam buta ?

Tapi ini realitas. Inilah yang terjadi di negeri kita. Dul hanya satu dari sekian anak Indonesia yang dibiarkan orang tuanya bermain main di jalan raya. Di dareah saya di kota Tangerang misalnya, anak anak SMP bahkan anak SD dibiarkan orang tuanya mengendarai sepeda motor. Bahkan saya pernah bertemu dengan seorang bapak bapak yang dengan bangganya menceritakan dia membelikan mobil untuk anaknya yang baru kelas 6 SD dan membirakannya mengendarainya. Oh my God!

Terkadang anak anak abege itu boro boro memperhatikan keselamatan yang detil, menggunakan helm saja tidak. Semakin menyedihkan ketika melihat pak polisi yang mengatur lalu lintas hanya diam, tidak menindak bocah bocah yang belum paham aturan tersebut. Yah, sistem di Negara ini perlu diperbaiki. Tidak perlu menyalahkan polisi yang dengan bebasnya memberikan sim, lha kalau kita sendiri inginnya menempuh jalan mudah atau jalan pintas sehingga memberikan peluang kepada para petugas meyalahgunakan jabatannya.

Kembali kepada Dul, saya tidak tahu apakah Dul memiliki SIM atau tidak meskipun banyak komentar komentar miring yang berkembang di jejaring sosial. Bagaimana pun juga menurut pendapat saya Dul adalah korban mengingat dia masih anak - anak, dan tidak sepantasnya dipersalahkan bahkan dicaci maki. Saya justru kasihan. Yang membuat saya kesal adalah orang tuanya bisa bisanya memberikan ijin Dul mengendarai mobil sendiri.

Menurut hemat saya, ini merupakan kelalaian orang tua. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak. Di beberapa Negara orang tua yang lalai mendidik anak bisa saja dihukum. Sayang di Negara kita saya belum mendengar aturan seperti ini. Semoga para orang tua tidak berusaha membunuh anak anak mereka dengan membiarkannya di jalanan. Semoga para orang tua berpikir baik baik sebelum memberikan tanggung jawab pada anak yang melibihi tahapan perkembangannya.

-