Cara Menemukan Ide Menulis Setiap Hari

26 Aug 2013

Aktifitas blogging terlebih jika berkaitan dengan kontes, lomba, ataupun semacamnya memang menuntut blogger untuk selalu mempunyai ide ide segar agar bisa mempublikasikan tulisannya setiap hari. Apalagi di kontes #30HariNonStopNgeblog yang diadakan blogdetik ini yang mensyaratkan pesertanya untuk meng-update tulisan di blognya setiap hari. Mau tidak mau setiap peserta harus berjuang mencari ide, mau menulis apa hari ini.

Menemukan Ide Menulis (Sumber : blogspot.com)

Menemukan Ide Menulis (Sumber : blogspot.com)

Namun adakalanya ide ide segar tidak mudah didapatkan. Semangat menulis seperti semangat semangat lainnya bisa jadi naik dan turun. Adakalanya di hari tertentu menthok mau menulis tentang apa. Akibatnya, target yang diinginkan malah tidak tercapai. Oleh sebab itu, seorang blogger memang perlu mengasah kepekaannya pada lingkungan sekitar agar dapat menulis.

Ada beberapa cara melatih kepekaan seorang blogger terhadap lingkungannya agar dengan mudah mendapatkan ide tulisan setiap hari :

1. Bergabung dengan Social Media

Saat ini, sudah dapat dipastikan seorang blogger memiliki akun di jejaring sosial, seminimalnya akun di Facebook dan Twitter. Nah, ide menulis dapat diperoleh hanya dengan melihat postingan status teman di facebook ataupun pembicaraan yang sedang in atau yang menjadi trending topic di twitter. Seperti postingan saya beberapa hari sebelumnya tentang Tes Keperawanan. Ide menulisnya saya dapatkan dari perbincangan teman di media twitter. Lantas saya kemudian menuangkan ide dan pendapat saya sehingga berkembang menjadi tulisan dengan beberapa paragraf.

2. Blogwalking atau Membaca Artikel Lain

Ketika bingung mau menulis apa, biasanya saya mulai menjelajahi blog teman teman yang sering berkunjung ke blog saya. Saya juga terkadang membaca artikel artikel di website atau portal berita. Selain dapat mempelajari gaya penulisannya, ketika sudah menemukan pembahasan atau tema yang menarik saya akan mencoba menulis dengan tema yang sama namun dengan sudut pandang berbeda.

3. Menulis Tutorial

Selain memiliki blog di blogdetik ini, saya juga mengelola 2 blog lainnya. Satu blog sebagai blog utama, satu blog lagi berisi tutorial atau tips tips menarik yang membuat orang bisa belajar sendiri melalui artikel yang kita tulis. Biasanya saya mulai menulis tutorial apa saja, mulai dari tutorial yang berhubungan dengan gadget, tutorial Bahasa Inggris, atau bahkan tutorial program komputer seperti Ms. Word, Excel, dan sebagainya.

4. Pengalaman Pribadi

Ahh, ini sebenarnya yang paling gampang ditulis. Pastinya setiap hari kita memiliki pengalaman yang tidak sama, bergantung dengan profesi yang kita geluti. Misalnya saya, sebagai seorang guru pengalaman berinteraksi dengan murid menjadi hal menarik yang bisa dibagi. Tentu banyak special moment yang saya dapatkan. Seperti tulisan berjudul Bertanggung Jawab dari Anak merupakan tulisan dari momen terbaik yang saya temukan dari murid saya.

Sebenarnya, masih banyak tips atau cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan ide menulis setiap hari. Yang terpenting, tulislah segera ketika ide tersebut berkelebat di kepala. Jangan tunda lagi ;-)

-